Pengertian afiliasi adalah pertalian atau perhubungan sebagai anggota atau cabang. Jika diibaratkan sebagai dua orang, maka antara orang yang satu dengan orang yang lainnya saling memiliki hubungan. Hubungan yang didasari saling membutuhkan untuk mencapai tujuan.

Pengertian afiliasi dalam psikologi adalah kebutuhan manusia untuk membentuk hubungan dan memiliki kaitan yang erat dengan kebutuhan untuk diakui dan diterima oleh lingkungannya. Dan memang tidak ada manusia yang bisa memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa bantuan dari orang lain.

Ada banyak contoh afiliasi dalam kehidupan. Baik secara perorangan maupun lembaga atau badan usaha.
Pengertian afiliasi dalam pasar modal adalah jenis hubungan antara :

* Pemegang saham utama dengan perusahaan
* Perusahaan dengan berbagai pihak baik secara langsung atau tidak langsung untuk mengontrol perusahaan.
* Dua perusahaan yang dikontrol baik secara langsung ataupun tidak langsung oleh satu pihak yang sama.
* Dua perusahaan yang terdapat satu atau lebih dewan komisaris / anggota direksi yang sama
* Hubungan komisaris, direktur dan pegawai dengan pihak yang memiliki hubungan keluarga karena keturunan dan perkawinan baik seca vertikal maupun horizontal.

Pengertian afiliasi pemasaran adalah memasarkan produk dari suatu lembaga atau perusahaan pemilik produk (affiliate merchant) dengan cara bergabung atau mendaftar terlebih dahulu menjadi affiliate marketer. Para affiliate marketers (pemasara produk) hanya akan dibayar ketika produk tersebut sudah laku terjual.

Pada perkembangannya, afiliasi banyak digunakan dalam usaha pengembangan bisnis, utamanya bisnis online yang makin marak belakangan ini. Dengan kesepakatan bersama, kedua belah pihak mendapatkan keuntungan dari afiliasi yang dibentuk. Misal, Anda seorang pemilik produk yang masih baru yang ingin Anda jual secara online. Untuk produk baru, jika Anda menjual secara langsung tentu Anda akan membutuhkan biaya promosi yang tidak sedikit, termasuk juga biaya pembuatan website dan segala pendukungnya. Dengan melakukan afiliasi dengan pihak lain ( dalam hal ini disebut sebagai affiliate marketer ), pekerjaan Anda akan relative lebih mudah dengan adanya “cabang” yang setiap saat mempromosikan produk Anda. Semakin banyak jumlah afiliasi yang Anda miliki, semakin besar kesempatan untuk meningkatkan penjualan. Tentu sebagai afiliasi Anda, mereka berhak mendapatkan komisi dari penjualan yang berhasil mereka lakukan, dengan kesepakatan yang sudah Anda buat sebelumnya.

Di dalam akuntansi kita mengenal perusahaan afiliasi ( Affiliated Company), pengertian afiliasi dalam perusahaan adalah satu atau lebih perusahaan yang berada dalam suatu sistem perusahaan induk. Atau disebut juga anak perusahaan
Sebuah perusahaan dapat dikatakan sebagai perusahaan afiliasi dengan perusahaan lain apabila:

1. Komisaris atau direktur suatu perusahaan, ternyata juga menjabat sebagai komisari atau direktur di perusahaan lain.
2. Direktur atau komisaris suatu perusahaan, mempunyai hubungan keluarga dengan direktur atau komisaris di perusahaan lain.
3. Salah satu pihak perusahaan dapat memberhentikan direktur atau komisaris suatu perusahaan lain
4. Salah satu pihak perusahaan dapat mengendalikan perusahaan lainnya.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian afiliasi dan contohnya. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian afiliasi dalam akuntansi, psikologi, pemasaran secara umum ya !Artikel afiliasi ke 4Afiliasi dan Perjanjian Afiliasi dalam Bisnis

Seseorang mungkin telah berbicara kepada Anda tentang menjadi “afiliasi” dari bisnis online mereka, atau mungkin Anda adalah afiliasi Amazon. Istilah “afiliasi” nampaknya membingungkan, jadi saya di sini untuk membantu Anda memilah maknanya. Apa itu Afiliasi? Istilah “afiliasi” memiliki dua definisi umum dalam konteks bisnis: Di hukum perusahaan dan pajak, afiliasi adalah perusahaan yang terkait dengan perusahaan lain, biasanya dengan posisi yang sama anggota atau peran bawahan.
Seseorang mungkin telah berbicara kepada Anda tentang menjadi “afiliasi” dari bisnis online mereka, atau mungkin Anda adalah afiliasi Amazon. Istilah “afiliasi” nampaknya membingungkan, jadi saya di sini untuk membantu Anda memilah maknanya.

Apa itu Afiliasi?

Istilah “afiliasi” memiliki dua definisi umum dalam konteks bisnis:
Di hukum perusahaan dan pajak , afiliasi adalah perusahaan yang terkait dengan perusahaan lain, biasanya dengan posisi yang sama anggota atau peran bawahan.

Menurut Investopedia, biasanya afiliasinya adalah “kurang dari 50% dimiliki oleh perusahaan induk.” Dua perusahaan mungkin berafiliasi jika satu perusahaan memiliki kendali atas pihak lain atau jika keduanya dikendalikan oleh perusahaan ketiga.
Satu perusahaan dapat berafiliasi dengan perusahaan lain dengan kepemilikan saham, dengan memegang kepentingan minoritas (yang kurang dari 50% disebutkan di atas), atau satu perusahaan mungkin merupakan anak perusahaan dari perusahaan lain.

Di ritel online, afiliasi umum terjadi dalam pemasaran dan penjualan, di mana satu perusahaan dapat berafiliasi dengan perusahaan lain untuk menjual produk atau layanan. Penjual memiliki situs web, di mana afiliasi dapat menjual produk. Penjual memiliki kendali atas situs dan membayar komisi ke afiliasi. Hubungan ini terkadang disebut “pemasaran afiliasi.”

Contoh:

* Afiliasi Amazon disebut “Amazon Associates.” Associates menjual di situs web Amazon, dan Amazon mengambil persentase dari harga jual untuk biaya tersebut.

* Dalam penyiaran, stasiun TV lokal berafiliasi dengan jaringan nasional. Stasiun lokal ini dimiliki secara lokal, namun menggunakan konten dan iklan jaringan.

Afiliasi sebagai Kontraktor Independen

Hanya untuk menjadi jelas, afiliasi bukan bagian dari perusahaan yang berafiliasi dengannya. Seorang afiliasi adalah perusahaan yang terpisah, kontraktor independen, sehingga bisa berbicara.
Sementara perusahaan lain berafiliasi melalui kepemilikan, kepemilikan itu tidak berarti kontrol total.

Apa itu Perjanjian Afiliasi?

Perjanjian afiliasi dapat dimasukkan ke dalam jenis bisnis apa pun, dari pemilik tunggal ke perusahaan. Berafiliasi dengan perusahaan lain adalah cara yang baik untuk mempromosikan bisnis Anda dan menghasilkan lebih banyak uang dengan bergabung dengan seseorang yang memiliki rekam jejak yang terbukti dan basis pelanggan yang lebih besar. Tapi sebelum Anda bergabung dengan program afiliasi apapun, pertimbangkan pertanyaan ini (dari Leslie Truex, pakar Bisnis Rumah).

Perjanjian afiliasi adalah kontrak antara kedua pihak: host atau menawarkan bisnis dan afiliasi. Seperti jenis kontrak atau kesepakatan lainnya, penting untuk menempatkan perjanjian afiliasi ini secara tertulis.

Apa yang Harus Diperlukan Perjanjian Afiliasi?

Kontrak perjanjian afiliasi harus mencakup:

* Apa istilah perjanjian afiliasi? Dalam keadaan apa pihak bisa mengakhiri kesepakatan? Apa definisi “afiliasi”
* dalam situasi ini? Apa hubungan
* dari partai-partai? Apa tanggung jawab dari afiliasi? Dari host yang menawarkan?
* Apa jenis materi promosi dan konten iklan tersedia untuk afiliasi?
* Apa batasan pada penggunaan materi promosi afiliasi?
* Apa yang dibutuhkan lisensi dari bisnis afiliasi dan host? Siapa pemilik lisensi? Misalnya, stasiun TV siaran harus memiliki jenis lisensi tertentu, dan tetap up to date.* Siapa pemilik kekayaan intelektual (Merek dagang dan merek layanan adalah jenis kekayaan intelektual yang paling umum dalam perjanjian afiliasi). Apa batasan penggunaan kekayaan intelektual oleh afiliasi?

* Bagaimana pembayaran pembayaran afiliasi dibuat dan kapan? Bagaimana komisi bisa dinegosiasikan lagi?
* Apa hukum yang mengatur? Artinya, apa hukum negara mengatur kesepakatan ini? Undang-undang yang mengatur mungkin berbeda berdasarkan di mana entitas mengajukan tuntutan hukum didasarkan.
* Apa yang terjadi jika salah satu dari para pihak gulung tikar ?
* Apa yang terjadi jika salah satu pihak default dalam perjanjian?
* Bahasa Kontrak Standar Yang Harus Anda Ketahui Tentang Jika Anda meninjau sebuah perjanjian afiliasi, Anda akan melihat beberapa terminologi kontrak standar lainnya. Dua klausa standar yang mungkin Anda lihat adalah: Klausul kerahasiaan / non-disclosureArtikel afiliasi ke 5Bisnis Afiliasi Berpeluang Tumbuh Subur di Indonesia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pesatnya pertumbuhan teknologi digital, terutama di bidang pemasaran, menimbulkan perspektif baru dalam budaya kerja, khususnya bagi generasi milenial.
Generasi milenial cenderung menyukai tantangan untuk berinovasi, mengelola start-up, serta mendalami entrepreneurship di era digital. Tak terkecuali di Indonesia.
Semarak dunia digital dan ramainya lini e-commerce pun tersaji di negeri ini. Sebuah era “baru” yang begitu dinamis sekaligus menantang.
Segalanya dituntut serba cepat dan mudah. Peluang ini ditangkap oleh iSYNERGY Group Limited (“iSYNERGY”), bisnis jaringan pemasaran afiliasi terkemuka di Asia, dengan meluncurkan platform unggulan Affiliate Junction di Indonesia

“Indonesia merupakan pasar e-commerce yang begitu menggiurkan. Affiliate Junction hadir sebagai sebuah solusi bisnis pemasaran terbaru yang menghubungkan pengiklan dengan afiliasi untuk mempromosikan produk/brand pada calon konsumen dengan berbagai keuntungan bagi ketiga belah pihak,” jelas Mr. Dato’ Lawrence Teo – Founder & Managing Director iSynergy International Sdn Bhd, dalam konferensi pers usai peluncuran Training Centre, di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Sabtu (15/12).
Mr. Dato’ Lawrence Teo menyatakan peluncuran training centre baru ini merupakan bukti komitmen Affiliate Junction dalam menghadirkan ragam fasilitas untuk kenyamanan berbisnis para afiliasi.
Setiap afiliasi dan prospek baru diberikan pelatihan terstruktur dan didukung perangkat system yang ideal untuk memperkuat bakat dan keahlian dalam menjalankan bisnis afiliasi ini.

“Ke depannya, diharapkan bisnis pemasaran afiliasi dapat semakin meningkatkan jumlah pertumbuhan entrepreneur di Indonesia, sebagai solusi alternatif dalam mencari sumber penghasilan,” pungkas Dato’ Lawrence Teo.

WhatsApp chat